Image Scanner

SCANNER

Prosedur Pengoperasian Image Scanner
Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen dan gambar.
Bentuk dan ukuran scanner bermacam-macam, ada yang besarnya seukuran dengan kertas folio ada juga yang seukuran postcard, bahkan yang terbaru, berbentuk pena yang baru diluncurkan oleh perusahaan WizCom Technologies Inc. Scanner berukuran pena tersebut bias menyimpan hingga 1.000 halaman teks cetak dan kemudian mentransfernya ke sebuah komputer pribadi (PC). Scanner berukuran pena tersebut dinamakan Quicklink. Pena scanner itu berukuran panjang enam inci dan beratnya sekitar tiga ons. Scanner tersebut menurut WizCom dapat melakukan pekerjaannya secara acak lebih cepat dari scanner yang berbentuk datar.
Data yang telah diambil dengan scanner itu, bisa dimasukkan secara langsung ke semua aplikasi komputer yang mengenali teks ASCII. Perbedaan tiap scanner dari berbagai merk terletak pada pemakaian teknologi dan resolusinya. Pemakaian teknologi misalnya penggunaan tombol-tombol digital dan teknik pencahayaan.

Fungsi Scanner.
Scanner adalah salah satu perangkat input dan output komputer, Scanner tidak bisa berdiri sendiri tanpa perangkat PC (personal komputer).

Fungsi Scanner adalah membaca, merekam dan mengambil informasi suatu benda baik 2D atau 3D dan menghimpunnya untuk anda dengan berbentuk gambar. Begitu juga dengan Fungsi Scanner Komputer. Berbeda dengan Printer, Scanner hanya bisa mengambil informasi gambar dan menampilkan pada Komputer dan bisa diambil dalam bentuk file data. Jadi jika anda memasukkan foto maka akan menghasilkan foto itu sendiri dalam bentuk digital (gambar dalam komputer), dan jika anda memasukkan benda maka akan menghasilkan gambar itu sendiri.
Peralatan Image Scanner
a.Scaner
merupaka alat utama tempat gambar atau gambar yang akan di scanner.

Keterangan Gambar :
1. Start button Tombol Start (1)
2. Copy button Tombol Salin (2)
3. Scan to E-mail button Scan untuk tombol E-mail (3)
4. Scan to Web button Memindai ke tombol Web(4)
5. Scanner cover penutup pemindai (5)

Keterangan gambar:
1. Scanner cover penutup pemindai (1)
2. Carriage (in the home position) kereta (di posisi rumah) (2)
3. Document table dokumen tabel (3)

Keterangan gambar:
1.Transportation lock transportasi kunci (1)
2. Power inlet daya masuk (2)
3.Film adapter connector Film Konektor adaptor (3)
4.USB port USB port (4)

Keterangan gambar:
1.Start button Tombol Start (1)
2.Copy button Tombol Salin(2)
3. Scan to E-mail button Scan untuk tombol E-mail (3)
4. Scan to Web button Memindai ke tombol Web (4)
5. Scanner cover/transparency unit scanner cover / unit transparansi (5)
b. Kabel Data
Digunakan untuk menghubungkan antara scanner dengan komputer. Dua jenis kabel data yang sering digunakan dalam scanner yaitu : usb ( universal serial bus ) atau paraller. Seperti gambar kabel data usb d bawah.

c.Power Suppaly
`berfungsi menghubungkan scanner dengan sumber listrik. Power supply terdiri dari adaptor dan kabel penghubung pada scanner. Seperti gambar di bawah ini :

Langkah-langkah penyiapan pengoperasian image scanner.
a) Sambungkan ujung kabel data yang sesuai dengan kabel data pada scanner
b) Sambungkan ujung yang lain ke port yang sesuai pada komputer
c) Sambungkan ujung kabel power supply ke jack power padascanner
d) Sambungkan colokan adaptor pada power supply ke sumber listrik
e) Nyalakan komputer, tunggu sampai komputer selesai melakukan proses booting.
f) Nyalakan image scanner dengan menekan tombol ke keadaan on.
g) Untuk mengoperasikan image scanner lewat komputer dibutuhkan software driver yang sesuai dengan merk produk scanner, masukkan disket/Cberisi software instalasi image scanner.
h) Kemudian jalankan program instalasi dan ikuti sampai selesai petunjuk instalasiyang muncul di layar
i) Image scanner siap digunakan.
Mempersiapkan Obyek yang akan di Scan
Sebelum melakukan proses sacnning, obyek yang akan di scan harus terlebih dahulu di siapkan. Obyek dapat berupa gambar, foto atau dokumen berisi tulisan dan gambar.
Cara kerja Scanner :
Ketika Kamu menekan tombol mouse untuk memulai Scanning, yang terjadi adalah :
1. Penekanan tombol mouse dari komputer menggerakkan pengendali kecepatan pada mesin scanner. Mesin yang terletak dalam scanner tersebut mengendalikan proses pengiriman ke unit scanning.
2. Kemudian unit scanning menempatkan proses pengiriman ke tempat atau jalur yang sesuai untuk langsung memulai scanning.
3. Nyala lampu yang terlihat pada Scanner menandakan bahwa kegiatan scanning sudah mulai dilakukan.
4. Setelah nyala lampu sudah tidak ada, berarti proses scan sudah selesai dan hasilnya dapat dilihat pada layar monitor.
5. Apabila hasil atau tampilan teks/gambar ingin dirubah, kita dapat merubahnya dengan menggunakan software-software aplikasi yang ada. Misalnya dengan photoshop, Adobe dan lainlain.

Ada dua macam perbedaan scanner dalam memeriksa gambar.
1. Scanner yang hanya bisa satu kali meng-scan warna dan menyimpan semua warna pada saat itu saja.
2. Scanner yang langsung bisa tiga kali digunakan untuk menyimpan beberapa warna.
Warna-warna
Warna tersebut adalah merah, hijau dan biru. Scaner yang disebut pertama lebih cepat dibandingkan dengan yang kedua, tetapi menjadi kurang bagus jika digunakan untuk reproduksi warna. Kebanyakan scanner dijalankan pada 1-bit (binary digit / angka biner), 8-bit (256 warna), dan 24 bit (lebih dari 16 juta warna).
Melakukan entry data dengan menggunakan image scanner 3 yang sangat baik maka dianjurtkan menggunakan scanner dengan bit yang besar agar resolusi warna lebih banyak dan bagus.
Cara Menginstal Scenner :

1. Pada posisi scanner sudah menyala, jika scanner sudah di konekkan dengan komputer maka komputer mendeteksi ada device baru yang belum di kenal dengan di tandianya munculnya gambar yang bertuliskan wellcome to the found new hardware wizard. Disana akan terdapat pilihan, anda pilih yes, this time only kemudian next.

2. Pilih install the Software automatically (Remmendedd).

3. Sebelum klik next masukkan terlebih dahulu CD drivernya. Setelah memasukkan CDnya dan klik next maka akan muncul sebuah gambar yang bertuliskan Pleace Select The Best Match For Yuor Hardware From The List Below.

4. Proses install akan berjalan secara otomatis, namun dalam tahapan tertentu kita diminta untuk mengisi nama user dan organisasi. Dan pada Lecencing Agreement pastikan kita menjawab dengan I Agree atau I Accept, yang artinya kita setuju untuk menginstal scanner tersebut.

5. Setelah itu akan muncul gambar dengan tulisan Completing The Found New Hardware Wizard.

6. Klik Finish. Kemudian instalasi diproses dan setelah selesai akan muncul gambar Congratulasion! Yang menandakan kalau proses Instalasinya sudah berhasil.

Cara menggunakan image scanner sesuai dengan SOP :
• Nyalakan scanner & letakkan gambar di atas lensa.
• Jalankan program Arcsoft Photostudio 2000 (atau program pengolah gambar lainnya).
• Importlah gambar dengan mengklik icon scanner kemudian tekan tombol scan & proses pemindaian berlangsung.
• Editlah hasil pemindaian bila perlu, kemudian tekan tombol clear agar bisa menyimpan.
Selalu posisi asli dalam orientasi yang benar pada kaca platen, bahkan jika scanner anda memiliki perintah auto-orientasi yang mudah digunakan. Meskipun tidak semua algoritma rotasi otomatis menurunkan kualitas gambar, hampir semua dari mereka menambahkan waktu ekstra untuk scanning anda. Demikian pula, pastikan bahwa lembar asli dengan teks yang akan discan dengan OCR tidak condong atau disisipkan pada sudut sedikit, karena yang membuat mesin bekerja lebih keras OCR dan dapat menghasilkan ketidakakuratan.
Pengertian OCR
OCR adalah sebuah sistem komputer yang dapat membaca huruf, baik yang berasal dari sebuah pencetak (printer atau mesin ketik) maupun yang berasal dari tulisan tangan. Adanya sistem pengenal huruf ini akan meningkatkan fleksibilitas ataupun kemampuan dan kecerdasan system komputer. Dengan adanya sistem OCR maka user dapat lebih leluasa memasukkan data karena user tidak harus memakai papan ketik tetapi bias menggunakan pena elektronik untuk menulis sebagaimana user menulis di kertas. Adanya OCR juga akan memudahkan penanganan pekerjaan yang memakai input tulisan seperti penyortiran surat di kantor pos, pemasukan data buku di perpustakaan, dll. Adanya sistem pengenal huruf yang cerdas akan sangat membantu usaha besar-besaran yang saat ini dilakukan banyak pihak yakni usaha digitalisasi informasi dan pengetahuan, misalnya dalam pembuatan koleksi pustaka digital, koleksi sastra kuno digital, dll. OCR dapat dipandang sebagai bagian dari pengenal otomatis yang lebih luas yakni pengenal pola otomatis (automatic pattern recognition).
Dalam pengenal pola otomatis, sistem pengenal pola mencoba mengenali apakah citra masukan yang diterima cocok dengan salah satu citra yang telah ditentukan. Sistem ini misalnya dipakai untuk mendeteksi sidik jari, tanda tangan, bahkan wajah seseorang. Ada banyak pendekatan yang dapat dipakai untuk mengembangkan pembuatan pengenal pola otomatis antara lain memakai pendekatan numerik, statistik, sintaktik, neural dan, aturan produksi (rule-based). Secara umum metode-metode tersebut dapat digolongkan menjadi dua kelompok metode yakni metode berbasis statistik dan metode berbasis struktur. Dalam metode yang berbasis statistik, setiap pola ditransformasi ke dalam vektor yang memakai ukuran dan karakteristik tertentu.
Karakteristik ini seringkali lebih bersifat statistik misalnya distribusi pixel ataupun jarak pixel. Sedang dalam metode yang berbasis struktur, setiap pola yang diproses dinyatakan sebagai gabungan beberapa struktur elementer. Pengenalan selanjutnya dilakukan dengan mencocokkan komposisi struktur elementer dengan struktur yang sudah disimpan memakai aturan tertentu misalnya memakai pendekatan teori bahasa formal dan automata. Secara umum blok diagram kerja OCR adalah sebagai berikut : dengan struktur yang sudah disimpan memakai aturan tertentu misalnya memakai pendekatan teori bahasa formal dan automata. Secara umum blok diagram kerja OCR adalah sebagai berikut :

Data Capture Data capture merupakan proses konversi suatu dokumen (hardcopy) menjadi suatu file gambar (BMP).
Preprocessing Preprocessing merupakan suatu proses untukmenghilangkan bagian-bagian yang tidak diperlukan pada gambar input untuk proses selanjutnya. Beberapa contoh preprocessing adalah noise filtering.
Segmentation Segmentasi adalah proses memisahkan area pengamatan (region) pada tiap karakter yang akan dideteksi.
Normalization Normalization adalah proses merubah dimensi regiontiap karakter dan ketebalan karakter. Dalam OCR algoritma yang digunakan pada proses ini adalah algoritma scaling dan thinning.
Feature Extraction Feature Extraction adalah proses untuk mengambil Recognitionciri-ciri tertentu dari karakter yang diamati. Recognition merupakan proses untuk mengenali karakter yang diamati dengan cara membandingkan ciri-ciri karakter yang diperoleh dengan ciri-ciri karakter yang ada pada database.
Postprocessing Pada umumnya proses yang dilakukan pada tahap iniadalah proses koreksi ejaan sesuai dengan bahasa yang digunakan.
OCR (Optical Character Recognition) adalah sebuah sistem komputer yang dapat membaca huruf, baik yang berasal dari sebuah pencetak (printer atau mesin ketik) maupun yang berasal dari tulisan tangan. Adanya sistem pengenal huruf ini akan meningkatkan fleksibilitas ataupun kemampuan dan kecerdasan sistem komputer dan kita lebih mudah mengerjakan nya …
adapun software yang dapat mendukung teknik OCR adalah sebagai berikut :

1. ExperVision TypeReader & OpenRTK
2. ABBYY FineReader
3. CuneiForm
4. Puma.NET
5. Microsoft Office Document Imaging
6. Microsoft Office OneNote 2007
7. Alt-N Technologies’ RelayFax Network Fax Manager
8. SmartScore
9. Tesseract
10. GOCR

Optical Mark Recognition (juga disebut Optical Mark Membaca dan OMR) adalah proses-manusia ditandai menangkap data dari bentuk-bentuk dokumen seperti tes ujian nasional dengan mneggunakkan pensil 2b …

…….Sekian……..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: